Alasan Mancini Coret Nama Balotelli Jelang Duel dengan Portugal.

Pelatih kepala timnas Italia, Roberto Mancini akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi terhadap kritik penggemar, yang menanyakan keputusannya tidak membawa Mario Balotelli di formasi timnas Italia.

Roberto Mancini, dipastikan tidak memasukkan nama penyerang depan Nice, Mario Balotelli dalam pertandingan lanjutan UEFA Nations League melawan Portugal, Senin (10/9/2018) atau pada hari Selasa puku 01.35 WIB. Padahal beberapa hari yang lalu, Mancini mengatakan bahwa ia akan memberi perhatian khusus untuk sang striker yang memang sudah tidak pernah mengenakan seragam timnas Italia sejak Piala Dunia 2014.

Bahkan, mantan pelatih Inter Milan itu juga mengatakan akan mempertimbangkan untuk memberikan ban kapten kepada Balottelli di masa mendatang.

Alasan Mancini Coret Nama Balotelli Jelang Duel dengan Portugal.

“Mario Balotelli telah tumbuh dalam berbagai hal. Melihat hasil buruk tidak lolosnya Italia ke putaran final Piala Dunia, saya memerlukan sosok figur pemimpin baru di lapangan,” tutur Mancini kepada media Football Italia.

Pencoretan penyerang berusia 28 tahun itupun dikritik oleh fans. Walau begitu, Mancini berdalih bahwa Balotelli sedang mengalami masalah dengan kebugaran fisiknya.

“Mario mungkin bisa saja tidak bermain dengan optimal, ia tidak akan memberikan 100 persen penampilan kepada siapapun.” “Ini adalah laga kompetitif pertamanya pada musim ini, akan ada banyak pertandingan lagi yang menunggu,” tutur Mancini di media AFP.

Mancini yang diangkat sejak bulan Mei 2018 pasca Italia tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 tersebut pun mengatakan bahwa siapa saja bisa mempunyai sudut pandang berbeda perihal apa yang telah ia putuskan.

Atas dasar itu, Mancini yang pernah sukses mengantarkan Manchester City meraih titel juara Liga Inggris pada musim 2011-2012 tersebut mengaku tak ambil pusing menghadapi berbagai kritik.

Karena, ia sadar bahwa akan selalu ada masalah yang timbul dari pertandingan ke pertandingan dan setiap pemecahan untuk memecahkannya tak selalu disetujui semua orang.

Alasan Mancini Coret Nama Balotelli Jelang Duel dengan Portugal.

“Saya menyadari akan ada berbagai masalah dalam pertandingan, tetapi masalah itu juga timbul dari apa yang kami lakukan kepada pemain,” terang pria berusia 53 tahun ini. “Serta bagaimana sistem dalam tim mampu bekerja dengan baik pula. Jadi saya tidak khawatir.”

“Kami akan terus berusaha untuk menemukan formula yang cocok untuk timnas Italia, kami hanya memerlukan sedikit kesabaran dan konsistensi. Timnas Italia yang kami mau belum kelihatan saat ini, kami harap itu tidak akan terlalu lama lagi terwujud,” tutup Mancini.