Menurut Wasit Senior Inggris: Perisic 100% Tidak Handsball

Dermot Gallagher, seorang legenda wasit liga Inggris menuturkan bahwa timnas Prancis tidak seharusnya mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Ivan Perisic tertangkap kamera VAR menyentuh bola di dalam kotak penalti sendiri.

Luka Modric dkk pun harus pasrah melihat pasukan les bleus Prancis yang keluar sebagai juara dunia setelah berhasil mempecundangi mereka dengan skor 4-2.

Tendangan bola mati Antoine Griezmann yang mengarah ke mistar Kroasia, kurang bisa diantisipasi dengan baik oleh Mario Mandzukic dan membuat skor 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Menurut Wasit Senior Inggris: Perisic 100% Tidak Handsball

Kroasia lalu sukses menyamakan kedudukan melewati sepakan keras Ivan Perisic sebelum sepakan penalti Griezmann membuat Prancis memimpin kembali 2-1. Kesebelasan Prancis menapatkan hadiah penalti dari wasit Nestor Pitana dari Argentina setelah Perisic dinilai handsball di kotak penalti.

Kemudian setelah melihat tayangan ulang melalui video VAR, Wasit lalu mengamini protes para pemain Prancis. Namun hal itu bertolak belakang dengan apa yang disampaikan oleh legenda wasit liga Inggris, Dermot Gallager.

Menurut Wasit Senior Inggris: Perisic 100% Tidak Handsball

Dermot Gallagher

Wasit yang telah memiliki jam terbang di 350 laga ini menganggap bahwa keputusan penalti tersebut adalah keputusan yang tidak tepat karena tangan Perisic tidak aktif ketika mengenai bola.

“Itu seharusnya 100 persen tidak penalti. Perisic sangat dekat dengan bola yang menuju dari depan kepalanya.” “Dia tidak mengerakkan tangannya untuk bola, dia tidak punya niat untuk menyentuh bola dengan tangan. Di dalam regulasi, itu tidak dianggap tidak sengaja,” ucap Gallagher seperti dikutip dari Sky Sport.