Fernando Hierro Resmi Tinggalkan Jabatan Sebagai Pelatih Timnas Spanyol

Fernando Hierro Resmi Tinggalkan Jabatan Sebagai Pelatih Timnas Spanyol

Madrid – Fernando Hierro resmi meninggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol yang usai tersingkir dari perburuan trofi juara di Piala Dunia 2018. Pria yang berusia 50 tahun tersebut hanya bertahan selama 25 hari saja di kursi empuk pelatih setelah menggantikan posisi Julen Lopetegui.

Keputusan Hierro di konfirmasi langsung oleh Federasi Sepak Bola Spanyol ( RFEF ) dan Fernando Hierro sepakat untuk mengakhiri kerja sama seiring berakhirnya pertisipasi Spanyol di Piala Dunia 2018. Hierro yang memilih untuk mengambil karier profesional baru alih alih kembali menjadi direktur teknik Spanyol, tulis RFEF.

Hierro yang dilantik sebagai pelatih Spanyol sehari menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia yang berlangsung dengan menggantikan posisi Lopetegui. Mantan pemain Real Madrid itu lantas menerima kontrak temporer hingga berakhirnya Piala Dunia 2018.

Fernando Hierro Resmi Tinggalkan Jabatan Sebagai Pelatih Timnas Spanyol

Selama berada di bawah komando Hierro, penampilan tim Matador jauh dari ekspektasi publik Spanyol. Sebab, mereka hanya memenangkan sekali pertandingan selama Diego Costa dan kawan kawan tampil di fase Grup B.

Meskipun jauh dari harapan penggemar yang berada di Spanyol, namun Hierro sukses mengantarkan tim Matador itu mengunci posisi teratas di Grup B dengan raihan lima poin dari sekali menang dan dua kali seri. Namun petualangan Hierro bersama timnas Spanyol harus berakhir tragis di tangan tim tuan rumah Rusia dengan drama adu penalti.

Ya, Rusia yang benar benar menjadi batu sandungan buat timnas Spanyol di babak  16 besar Piala Dunia 2018 setelah kalah dalam drama adu penalti melawan Rusia. RFEF ingin mengucapkan terima kasih kepada Fernando Hierro atas komitmen dan rasa tanggung jawabnya, baik dengan mengambil alih tim nasional dalam keadaan luar biasa, dan dengan cara di mana ia telah menjalankan semua fungsinya di seluruh organisasi. Pintu akan selalu terbuka untuknya. Federasi juga ingin menyoroti nilai nilai profesional yang ditunjukkan oleh olahragawan yang luar biasa. Kami mengharapkan dia mendapatkan keberuntungan yang terbaik untuk masa depan, demikian pernyataan resmi dari RFEF.