Merasa Dirampok Ketika Melawan Swiss, Serbia Tuduh FIFA Bias terkait Wasit

Timnas Serbia melancarkan protes keras kepada badan organisasi dunia FIFA seusai kekalahan dari timnas Swiss. Ketua Federasi Serbia Slavisa Kokeza menuduh FIFA bias di dalam pemilihan wasit.

Serbia menelan kekalahan 1-2 di laga kontra Swiss di Kalingrad Stadium, Sabtu (23/6/2018) kemarin pada laga Grup E piala dunia 2018. Unggul terlebih dahulu lewat Aleksandar Mitrovic di menit kelima, Serbia lalu kebobolan dua gol dari Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri.

Pertandingan ini ternyata masih membuat rasa jengkel untuk Serbia, bukan terhadap hasilnya melainkan juga terkait keputusan wasit yang dianggap mengecewakan. Serbia merasa seharusnya layak mendapatkan penalti saat Mitrovic dijepit dan dijatuhkan Lichsteiner dan Fabian Schar.

Merasa Dirampok Ketika Melawan Swiss, Serbia Tuduh FIFA Bias terkait Wasit

Terlebih lagi, wasit Felix Brych yang memimpin pertandingan itu juga tidak melihat kembali insiden tersebut dengan video VAR. Teknologi itu setidaknya akan memastikan keputusan wasit.

Federasi Sepakbola Serbia sudah melayangkan surat protes kepada FIFA pada hari Sabtu (23/6)  kemarin, walau tidak mengharapkan adanya perubahan signifikan untuk kedepannya. Satu hal yang paling disoroti mereka adalah mengenai pemilihan wasit Felix Brych di laga kontra Swiss.

Ketua Asosiasi Kokeza menuding FIFA telah bersikap bias karena menunjuk wasit dari Jerman. Dia mengatakan Jerman dan Swiss mempunyai kedekatan hubungan secara demografis.

“Saya kira ini bukan cuma soal VAR, tapi bahwa segala sesuatunya telah diarahkan oleh orang-orang yang menunjuk wasit. Kita semua mengetahui bahwa lebih dari separuh populasi Swiss adalah orang-orang Jerman,” ungkap Kokeza dikutip dari media BBC.

Merasa Dirampok Ketika Melawan Swiss, Serbia Tuduh FIFA Bias terkait Wasit

                       Ketua Federasi Sepakbola Rusia, Slavisa Kokeza

“Saya tidak mengharapkan FIFA untuk mengambil langkah agar perampokan brutal ini tidak terjadi lagi, karena saya ulangi sekali lagi, ini semua seperti sudah diarahkan,” ucapnya.

BBC ikut melaporkan bahwa FIFA telah menerima surat protes dari Serbia. Tapi induk organisasi sepakbola dunia ini tidak menanggapi permasalahan ini lebih lanjut.