Penyelamatan Super Kiper Jepang ala Tokoh Komik Tsubasa

Penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima menjelma menjadi salah satu penentu kelolosan timnas Jepang ke babak 16 besar piala dunia 2018. Terdapat satu penyelamatan kiper senior itu seperti di tokoh komik Kapten Tsubasa.

Timnas Jepang kalah 0-1 kontra Polandia di laga terakhir grup H piala dunia 2018. Di pertandingan yang dihelat di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018) malam WIB, Jan Bednarek yang menjadi pencetak gol untuk timnas Polandia di menit ke-59.

Penyelamatan Super Kiper Jepang ala Tokoh Komik Tsubasa

Pada babak pertama, terdapat satu penyelamatan penting yang dilakukan oleh Kawashima. Sebuah umpan silang  dari Bartosz Bereszynski dari sisi sayap kanan, berhasil disundul oleh Kamil Grosicki.

Kawashima yang berada di sisi kiri mistar gawang, seperti sudah mati langkah. Bola sundulan Grosicki mengarah ke sisi sebaliknya, Kawashima mengambil dua langkah, lalu menjatuhkan diri untuk menepis bola. Teknologi garis gawang sempat digunakan untuk mengecek apakah bola sudah melewati  garis gol, tapi ternyata ada setengah bola yang masih belum melewati garis.

Jepang tetap lolos ke babak 16 besar, meski memiliki raupan angka dengan senegal. Jepang unggul fairplay poin dibandingkan wakil Afrika itu. Di lini masa, penyelamatan kiper jepang itu dibanding-bandingkan dengan karakter kiper di komik Kapten Tsubasa, Wakabayasi. Kiper Nankatsu itu digambarkan sebagai sosok yang tangguh di bawah mistar gawang.

BBC memberikan pujjian tinggi untuk penyelamatan Kawashima itu. Save perbaik piala dunia sejauh ini memang pantas disematkan untuk kiper yang sudah 85 kali membela timnas Jepang itu.

Sampai saat ini, performa Kawashima di piala dunia 2018 terbilang cukup oke dibawah gawang Jepang. Dia mampu membukukan sebanyak 2,7 penyelamatan dalam tiga pertandingan.