Setelah Juara Liga Inggris, City Malah Terancam Tidak Bisa Tampil di Liga Champions.

Manchester City bisa saja tidak bisa tampil di Liga Champions pada musim depan. Hal ini bisa terjadi jika mereka terbukti bersalah karena melanggar peraturan FIFA mengenai Financial Fair Play (FFP). City memang sedang dalam investigasi UEFA mengenai kasus mengakali dana sponsor. Dikabarkan jika dana dari sponsor mereka berasal dari uang pribadi sang pemilik klub, Sheikh Mansour.

Penyelidikan ini bermula dari sebuah artikel yang dikeluarkan dari media Jerman, Der Spigel. Artikel tersebut menceritakan dengan gamblang email-email mengenai keuangan klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

Setelah Juara Liga Inggris, City Malah Terancam Tidak Bisa Tampil di Liga Champions

Salah satu laporan dari Der Spigel itu mengungkapkan asal usul uang 59,5 juta pound sterling yang sebelumnya dikatakan berasal dari sponsor utama City, Etihad. Dana tersebut dikatakan berasal dari kantong pribadi Sheikh Mansour.

Dana tersebut lalu digunakan klub untuk membeli Riyad Mahrez sebesar 60 juta pounsterling pada musim ini. Sekarang ini kasus yang tengah mendera City sedang memasuki babak akhir.

Dikutip dari media The New York Times, keputusan mengenai sanksi untuk klub yang kini diasuh Pep Guardiola disebut bakal dilakukan pekan ini atau pekan mendatang. Belum jelas hukuman apa yang bakal dijatuhkan UEFA untuk City.

Manchester City Juara Liga Inggris 2018/2019

Tapi Februari lalu, pihak UEFA sempat mengungkapkan bahwa City terancam hukuman larangan tampil di Liga Champions jika terbukti bersalah atas kasus ini.

“Jika memang benar apa yang telah ditulis, mungkin terdapat masalah yang serius. Ini bisa mengarah pada hukuman terberat: dikeluarkan dari kompetisi UEFA,” terang Yves Leterme selaku kepala penyelidikan kasus yang menimpa City ini.

Jika sanksi larangan tampil di kompetisi Eropa benar-benar dijatuhkan kepada City maka ini jelas bakal akan menjadi pukulan berat bagi David Silva dkk. Soalnya City baru saja memastikan meraih gelar Liga Inggris musim ini setelah bersaing ketat dengan Liverpool.(HDI)